1. Bisnis sangat penting dalam kehidupan saya karena bisnis membuat hidup saya tidak monoton. Dengan adanya bisnis kita dapat membeli barang yang kita mau dengan usaha yang sudah kita lakukan. Adanya bisnis membuat saya belajar tentang cara berinteraksi, berkomunikasi, bernegosiasi antar seseorang atau sekelompok dalam berorganisasi. Ada pula untuk mencari keuntungan dan meningkatkan tanggung jawab dalam diri saya.


  1. Semenjak pandemi Covid-19 ini, pebisnis melakukan bisnis secara online disebabkan oleh aturan dari pemerintah tentang jaga jarak atau yang sering kita dengar social distancing. Aturan itu mempengaruhi bisnis mereka secara langsung. Dampaknya dapat menyebabkan perusahaan mereka tutup hingga bangkrut. Dengan begitu mereka harus berinovasi untuk tetap mempertahankan perusahaan. Caranya yaitu dengan menerapkan teknologi online kepada bisnis mereka. 


  1. Dengan adanya pandemi ini, permasalahan bisnis semakin besar. Seperti harga saham yang turun, pengangguran bertambah karena perusahaan yang terpaksa mem-PHK mereka, dan kondisi perekonomian Indonesia yang sekarang resesi. Namun, masih ada usaha yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Seperti bimbel online, kuliner online, toko online, dan jasa pengiriman. Sektor-sektor tersebut dapat tetap bertahan karena pandemi yang memaksa masyarakat untuk belajar dan berbelanja sehingga usaha tersebut tetap berjalan dengan stabil bahkan naik. Adapun bermunculan UMKM yang memulai bisnis disebabkan pandemi Covid-19 ini. UMKM baru harus bisa membuat strategi, mencari pelanggan, bertahan melawan pesaing, dan menjaga keuangan bisnis agar bisa bertahan selama pandemi ini.


    Sumber:








 

Comments