MENGAPA MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI?


Perkenalkan nama saya Fathan Zhafran Ramadhan. Mengapa saya memilih jurusan akuntansi diawali dari saran orang tua dan kesukaan saya terhadap hitung-hitungan. Disaat saya masih di sekolah dasar, saya sangat menyukai pelajaran matematika karena saya sangat suka dengan menghitung dibanding membaca, hafalan, dan sebagainya. Saya juga didaftarkan mengikuti bimbel matematika yang sering ada iklannya di TV. Sejak itulah kecintaan saya dibidang matematika terbentuk. Sebagai buktinya, UN matematika saya saat SD mendapatkan nilai 100. 

Saat SMP, saya ditunjuk oleh pihak sekolah untuk mewakili sekolah dalam pelatihan olimpiade matematika. Saat pelatihan itu ternyata saya belajar dengan teman-teman yang pernah mengikuti Olimpiade saat masih SD. Jadi, mereka merupakan siswa-siswi beasiswa dari sekolah lain. sedangkan saya belum pernah mengikuti olimpiade sama sekali dan merupakan pengalaman pertama kali. karena mayoritas yang mengikuti pelatihan tersebut adalah anak olimpiade, guru yang mengajar menjelaskan dengan sangat cepat sehingga saya tidak dapat mencerna sama sekali. Karena itulah saya memutuskan untuk tidak melanjutkan pelatihan olimpiade matematika. Di kelas 9, saya memiliki ketertarikan di pelajaran kimia karena ada hitung-hitungan. Kemudian saya ditawarkan untuk mengikuti pelatihan ollimpiade kimia, namun karena kelas 9 saya juga harus belajar untuk UN jadi saya tidak terlalu fokus pada pelatihan olimpiade tersebut serta tuntutan harus bisa masuk SMA Negeri. 

Alhamdulillah saya berhasil mendapatkan SMA Negeri. Saya mengambil jurusan IPA karena jika IPS itu sangat bertolak belakang dengan diri saya, seperti pelajaran sejarah, sosiologi, dan geografi yang isinya menghafal walaupun ada ekonomi yang terdapat hitung-hitungannya. Saya mendapatkan pelatihan olimpiade kimia, namun Sayangnya saya tidak lolos untuk mewakilkan sekolah saya ke Olimpiade kimia Tingkat kota (OSK). Kemudian di kelas 11 saya mencoba kesempatan kedua namun masih gagal juga. kemudian saya berpikir Apakah saya harus memilih jurusan yang lain jurusan yang terlintas pada pikiran saya waktu itu adalah komputer karena hobi saya bermain game. Lalu ada aktuaria karena merupakan jurusan baru dan banyak dibutuhkan. Dan yang terakhir akuntansi yang disarankan oleh orang tua saya. Saya mengambil lintas jurusan ekonomi atas saran orang tua saya karena mereka menginginkan saya untuk masuk jurusan akuntansi. Awalnya saya tidak tertarik pada ekonomi tersebut sebab di kelas 10 dan 11, ekonomi yang dipelajari adalah ekonomi mikro dan makro. Akuntansi sendiri baru dipelajari saat kelas 12 dan di situlah saya mulai ada ketertarikan dalam akuntansi. Walaupun saat kelas 12 saya tidak terlalu fokus dalam mempelajari akuntansi disebabkan saya harus menjaga nilai raport karena merupakan jurusan IPA dan mendapatkan  kuota SNMPTN. Di SNMPTN saya masih mengambil jurusan IPA namun tidak lolos. 

Pandemi yang menyebabkan waktu UTBK mundur membuat banyak waktu luang yang saya gunakan untuk menentukan jurusan apa yang harus saya ambil. Pada akhirnya saya memilih jurusan akuntansi. Alasan saya adalah memiliki cita-cita untuk membuat suatu perusahaan sendiri dan dibutuhkan laporan keuangan di dalam perusahaan tersebut yang dipelajari dalam akuntansi. Karena alasan itulah saya memutuskan untuk memilih jurusan akuntansi. Untungnya saya tidak dituntut untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta. Terpenting adalah saya dapat masuk jurusan yang saya pilih dan komitmen dijurusan tersebut.


Comments

Popular posts from this blog